Menu

Mode Gelap
 

Tekno & Sains · 21 Oct 2023 03:31 WITA

Tiga Daerah di Sultra ‘Kode Merah’ Titik Panas


 Tiga daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) tercatat memiliki titik panas. (Foto: analisa titik panas BMKG) Perbesar

Tiga daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) tercatat memiliki titik panas. (Foto: analisa titik panas BMKG)

DISWAYSULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak tiga daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki ‘kode merah’ sebaran titik panas atau hot spot.

Hal tersebut berdasarkan data sebaran titik panas di Wilayah Sultra yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada 19 Oktober 2023.

Adapun tiga daerah dengan kode merah titik panas atau tingkat kepercayaan tinggi tersebut yakni Konawe Selatan, Bombana dan Muna.

Untuk ketiga wilayah ini, kode merah titik panas di Kabupaten Konawe Selatan terpantau di Kecamatan Andoolo, dan Laeya. Selanjutnya di Kabupaten Bombana, titik panas terpantau berada di wilayah Kecamatan Poleang Tengah, Rarowatu Utara dan Tontonunu.

“Sementara itu di Kabupaten Muna, kode merah titik panas terpantau di Kecamatan Pasir Putih dan Lasalepa,” tulis Prakirawan Cuaca dari Stasiun Klimatologi BMKG Sultra dalam keterangannya, Jumat 20 Oktober 2023.

Ia juga menjelaskan, titik panas yang terdeteksi tidak selalu titik api. Namun tingkat kepercayaan tersebut menunjukkan seberapa besar kemungkinan hotspot itu adalah api.

“Kalau tingkat kepercayaan tinggi, kemungkinan besar itu adalah titik api,” tegasnya.(*)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Lima Kabupaten di Sultra Masuk Kategori Kemarau Ekstrem

21 October 2023 - 03:23 WITA

Trending di Daerah