Menu

Mode Gelap
 

Berita · 14 Dec 2023 16:09 WITA

PNM Gelar Studi Banding Pengolahan Biji Kopi


 Penyelenggaraan studi banding pengolahan biji kopi di CV Kopindo Sukses Bersama, Kendari. Perbesar

Penyelenggaraan studi banding pengolahan biji kopi di CV Kopindo Sukses Bersama, Kendari.

Sasar Perempuan Mekaar

DISWAYSULTRA.COM, KENDARI – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui Divisi program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan studi banding pengolahan biji kopi yang dihadiri oleh ketua kelompok yang merupakan nasabah PNM Mekaar (yang terdiri dari wilayah Kendari, Palu, dan Bau Bau) sejak tanggal 12 hingga 14 Desember 2023, di CV Kopindo Sukses Bersama, Kendari.

PNM PKU menggelar kegiatan ini dengan melibatkan nasabah Mekaar (Perempuan Ultra Mikro/ UMi) dan didampingi oleh PNM PKU. Kopi termasuk minuman yang sangat populer disetiap kalangan. Minuman ini terbuat dari biji panggang dari beberapa spesies semak atau tumbuhan hijau. Manfaat minum kopi setiap hari adalah menjaga fungsi otak, menghindari depresi, hingga menjaga kesehatan jantung.

Kegiatan ini tidak terlepas dari komitmen pendampingan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan pendampingan usaha kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak kepada kemajuan usaha yang dijalankan oleh nasabah PNM Mekaar sehingga naik kelas.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asri selaku Narasumber dan pemilik CV Kopindo Sukses Bersama yang juga merupakan Nasabah PNM ULaMM Wilayah Kendari, dan Salim selaku Pemimpin PT PNM Cabang Kendari. Studi Banding bertujuan mendorong para nasabah PNM agar dapat meningkatkan relasi, serta pengetahuan dengan menambah edukasi dan ilmu baru.

Diajar Cara Mengolah Biji Kopi

Kemudian peserta juga didampingi untuk belajar mengolah biji kopi. Peserta dilatih dari mulai pemilihan biji kopi, teknik memanggang biji kopi, menggiling biji kopi, dan pengemasan kopi yang menarik. Selain itu tujuan utama dari kegiatan ini adalah membangun motivasi peserta, memperluas pemasaran usaha peserta. Sehingga dapat masuk ke dalam pasar lokal, nasional, online, bahkan internasional. Agar bisa menambah kesejahteraan keluarga sehingga nasabah PNM naik kelas.

Selanjutnya, pelatihan ini merupakan salah satu bentuk dari tiga modal PNM. Dalam mendukung pertumbuhan ultra mikro dan UMKM, PNM memberikan tiga modal yaitu finansial, intelektual dan sosial. Modal finansial diberikan melalui pembiayaan usaha produktif, sedangkan modal intelektual melalui pendampingan antara lain pelatihan, berbagi info dan pengalaman. Sedangkan modal sosial, PNM membangun kepedulian nasabah melalui jejaring usaha dan sinergi bisnis yang mampu membantu percepatan usaha nasabah.

“Terimakasih PNM. Saya mendapatkan banyak Ilmu yang sangat bermanfaat bagi usaha saya. Disini saya diajarkan mengenai teknik olahan kopi hingga pengemasan kopi yang menarik. Terima kasih PNM sudah memberikan saya kesempatan melalui program studi banding ini” kata Mersi selaku Nasabah PT PNM Mekaar wilayah Palu.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk berbagi pengalaman dan pembelajaran, yang nantinya dapat menginspirasi kelompok PNM Mekaar yang lain, untuk semangat dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya. Pemberdayaan berupa pelatihan dan pendampingan merupakan satu layanan, yang tidak terpisahkan dari program pembiayaan yang PNM berikan” imbuh Salim selaku Pemimpin PT PNM Cabang Kendari. (*)

Artikel ini telah dibaca 117 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Masyarakat Mubar Tumpah Ruah Hadiri Halal Bi Halal La Ode Darwin

1 May 2024 - 20:47 WITA

Yudhi Kembalikan Formulir Pendaftaran Balon Wali Kota Kendari di 3 Parpol

24 April 2024 - 22:18 WITA

PDIP Beri Sinyal Dukung La Ode Darwin di Pilkada Muna Barat

17 April 2024 - 21:06 WITA

Tegaskan Eksistensi, Pengusaha Rental Mobil Sultra Lakukan Konvoi ‘Sahur On The Road’ Sambangi Pesantren dan Kaum Dhuafa

1 April 2024 - 13:59 WITA

La Ode Darwin Sponsori Gebyar Ramadan Dua Kecamatan di Mubar

31 March 2024 - 20:46 WITA

The Park Kendari Ajak 50 Anak Yatim Buka Puasa Bersama

28 March 2024 - 22:30 WITA

The Park Kendari menggelar acara amal "Berbagi Berkah Ramadan", di atrium The Park Kendari, pada Kamis 28 Maret 2024.
Trending di Berita