Menu

Mode Gelap
 

Berita · 8 Nov 2023 06:11 WITA

Pj Wali Kota Kendari Ingatkan Jajarannya Cegah Konflik Lahan


 Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu. (Foto: Dok Pemkot Kendari) Perbesar

Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu. (Foto: Dok Pemkot Kendari)

DISWAYSULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus meminimalisir terjadinya sengketa tanah.

Sejumlah langkah telah diambil pemerintah, salah satunya dengan mengintensifkan sosialisasi pencegahan sengketa tanah, sebagaimana yang dilaksanakan di Aula Kanwil BPN Sultra, Selasa 7 November 2023.

Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menegaskan, tanah kerap menjadi pemicu sengketa atau konflik. Oleh karena itu, sosialisasi ini menjadi salah satu upaya preventif untuk mencegah potensi tersebut.

Mediasi juga, kata orang nomor satu di Kota Kendari ini, merupakan salah satu opsi untuk menyelesaikan sengketa tanah dengan proses perundingan yang difasilitasi Kantor Pertanahan.

“Kota Kendari sebagai ibu kota provinsi yang sedang tumbuh dan berkembang, tentu banyak menyisakan persoalan khususnya mengenai tanah, karena tanah merupakan aset yang sangat penting terutama bagi pemerintah itu sendiri,” terang Asmawa.

Untuk itu, lanjut Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kemendagri, dirinya berharap camat dan lurah agar mengembangkan sistem pencegahan sengketa tanah di Kota Kendari. Mengingat, lanjut Asmawa, saat ini terdapat potensi adanya sengketa tanah yang mencakup luasan lahan sekira 1000 ha.

“Ini potensi, kita berdoa jangan sampai betul-betul terjadi, karena posisinya sama PSN (Proyek Strategis Nasional). Oleh karena itu saya minta camat dan lurah jangan sembarangan mengeluarkan surat kepemilikan, cek dulu di BPN jangan sampai sudah ada sertifikatnya,” tegas Asmawa.

Untuk diketahui, turut hadir dalam sosialisasi ini diantaranya Kepala Kejaksaan Negeri Kendari, Pengadilan Negeri Kendari, Polresta Kendari, Kepala Kantor Pertanahan Kota Kendari serta camat dan lurah Kota Kendari. (*)

Reporter: Riswan

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Masyarakat Mubar Tumpah Ruah Hadiri Halal Bi Halal La Ode Darwin

1 May 2024 - 20:47 WITA

Yudhi Kembalikan Formulir Pendaftaran Balon Wali Kota Kendari di 3 Parpol

24 April 2024 - 22:18 WITA

PDIP Beri Sinyal Dukung La Ode Darwin di Pilkada Muna Barat

17 April 2024 - 21:06 WITA

Tegaskan Eksistensi, Pengusaha Rental Mobil Sultra Lakukan Konvoi ‘Sahur On The Road’ Sambangi Pesantren dan Kaum Dhuafa

1 April 2024 - 13:59 WITA

La Ode Darwin Sponsori Gebyar Ramadan Dua Kecamatan di Mubar

31 March 2024 - 20:46 WITA

The Park Kendari Ajak 50 Anak Yatim Buka Puasa Bersama

28 March 2024 - 22:30 WITA

The Park Kendari menggelar acara amal "Berbagi Berkah Ramadan", di atrium The Park Kendari, pada Kamis 28 Maret 2024.
Trending di Berita