Menu

Mode Gelap
 

Berita · 23 Jun 2023 13:24 WITA

Mantan GM PT. Antam Ditahan Usai Ditetapkan Tersangka Kasus Korupsi Pertambangan


 Mantan GM PT. Antam Ditahan Usai Ditetapkan Tersangka Kasus Korupsi Pertambangan Perbesar

DISWAYSULTRA.COM,KENDARI – Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara (Kejati Sultra) melakukan penahanan terhadap Mantan General Manager (GM) Perseroan Terbatas Aneka Tambang (PT. Antam) berinisial HW usai ditetapkannya sebagai tersangka pada Senin (5/6/2023) lalu.

Penahanan ini dilakukan setelah HW memenuhi panggilan penyidik Kejati Sultra untuk dilakukannya pemeriksaan sebagai tersangka pada Jumat (23/6/2023). Selanjutnya HA akan ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Kendari selama 20 hari kedepan.

Asisten Intelejen (Asintel) Kejati Sultra, Ade Hermawan menjelaskan, peran HW dalam perkara ini yakni melakukan KSO. Di mana KSO itu antara PD Utama Sultra (Perusda), dan PT Lawu Agung Mining untuk melakukan penambangan di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT. Antam, Blok Mandiodo, Kabupaten Konawe Utara (Konut).

“Peran HW itu memang yang berperan di KSO antara KSO antam dengan PT. Lawu,” ujarnya.nya

Ade menyampaikan bahwa dalam perkara ini mantan Direktur Utama (Dirut) PT. Antam berinisial DA ikut terseret, sebab dirinya melakukan penandatanganan persetujuan. Sehingga beberapa hari lalu DA juga ikut diperiksa sebagai saksi di Kejati Sultra.

Selain mantan GM dan Dirut untuk dari pihak PT. Antam sendiri ada beberapa pula yang telah ikut diperiksa dalam pengembangan kasus ini, hanya saja ade tidak menjelaskan secara detail siapa dan berapa jumlah keseluruhannya.

“Cukup banyak hanya saja saya kurang tau detail, penyidik itu yang tau. Yang jelas susah beberapa dari PT. Antam termaksud Direktur Utamanya,” ucapnya.

Diketahui, sebelumnya Pelaksana Lapangan (PL) PT. Lawu Agung Mining berinisial GAS, juga telah ditahan pada Senin (19/6/2023) usai dilakukannya pemeriksaan di Kejati Sultra atas statusnya sebagai tersangka dalam kasus ini.

Sedangkan untuk mantan Direktur PT. KKP berinisial AA, Ade menyampaikan ia tidak memenuhi panggilan yang telah dilayangkan oleh Kejati Sultra tanpa adanya alasan pasti.

Sehingga kedepan penyidik bakal kembali melakukan pemanggilan ketiganya untuk dilakukannya pemeriksaan sebagai statusnya yang telah menjadi tersangka.

“Dia kita sudah panggil hanya saja sampai saat ini tidak hadir. Nanti penyidik yang akan menentukan waktunya untuk dilakukannya pemanggilan selanjutnya,” pungkasnya.

Reporter : La Ode Muhammad Ismail

Artikel ini telah dibaca 43 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Masyarakat Mubar Tumpah Ruah Hadiri Halal Bi Halal La Ode Darwin

1 May 2024 - 20:47 WITA

Yudhi Kembalikan Formulir Pendaftaran Balon Wali Kota Kendari di 3 Parpol

24 April 2024 - 22:18 WITA

PDIP Beri Sinyal Dukung La Ode Darwin di Pilkada Muna Barat

17 April 2024 - 21:06 WITA

Tegaskan Eksistensi, Pengusaha Rental Mobil Sultra Lakukan Konvoi ‘Sahur On The Road’ Sambangi Pesantren dan Kaum Dhuafa

1 April 2024 - 13:59 WITA

La Ode Darwin Sponsori Gebyar Ramadan Dua Kecamatan di Mubar

31 March 2024 - 20:46 WITA

The Park Kendari Ajak 50 Anak Yatim Buka Puasa Bersama

28 March 2024 - 22:30 WITA

The Park Kendari menggelar acara amal "Berbagi Berkah Ramadan", di atrium The Park Kendari, pada Kamis 28 Maret 2024.
Trending di Berita