Menu

Mode Gelap
 

Berita · 6 Nov 2023 06:12 WITA

KPU Sultra Coret Caleg PKS dan Partai Gerindra: Mantan Napi dan Direktur BUMD


 Penyerahan salinan DCS secara simbolis ke pihak parpol.(Foto: Riswan/Diswaysultra) Perbesar

Penyerahan salinan DCS secara simbolis ke pihak parpol.(Foto: Riswan/Diswaysultra)

DISWAYSULTRA.COM, KENDARI – KPU Sulawesi Tenggara (Sultra) mencoret 2 nama calon anggota legislatif (caleg) dari dari daftar calon tetap (DCT). Kedua caleg itu berasal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra.

Ketua KPU Sultra Asril mengatakan, sebelumnya terdapat 693 Caleg yang masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS). Namun pada saat DCT, jumlah tersebut berkurang dua, masing-masing dari Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“691 DCT itu nantinya akan berkompetisi pada 14 Februari 2024 mendatang, di hari pemungutan dan perhitungan suara,” kata Asril, usai kegiatan penyerahan salinan Keputusan Penetapan DCT Anggota DPRD Provinsi Sultra dalam Pemilu 2024.

Divisi Teknis KPU Sultra, Hazamuddin menerangkan, dua Caleg yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebagai DCT, pertama berasal dari PKS Dapil I Kota Kendari karena tidak secara jujur menyampaikan dokumen persyaratan pada awal pendaftaran.

“Jadi yang dimasukkan di situ (dokumen) wiraswasta, setelah ada rekomendasi dari Bawaslu kemudian kita lakukan klarifikasi, ternyata yang bersangkutan adalah Direktur BUMD di Kota Kendari. Sehingga keputusan kami kemarin men-TMS kan,” jelasnnya.

Kemudian yang kedua yaitu dari Partai Gerindra Dapil VI Konawe Raya, TMS karena yang bersangkutan tidak secara jujur menyampaikan terkait statusnya sebagai mantan narapidana.

“Setelah kita lakukan proses klarifikasi kemarin di pengadilan Tipikor ternyata yang bersangkutan itu diancam hukuman di atas 5 tahun, sehingga setelah kita lakukan proses klarifikasi kita tetapkan yang bersangkutan tidak memenuhi syarat lagi untuk ditetapkan jadi DCT,” bebernya.

Sementara itu, Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sultra, Heri Iskandar berharap agar DCT yang telah ditetapkan oleh KPU Sultra telah betul-betul melalui proses yang berkesesuaian dengan peraturan perundang-undangan.

Ia menyampaikan, bahwa pihaknya akan tetap melakukan pencermatan atas DCT yang sudah di ditetapkan.

“Jadi tidak sampai di sini, pencermatan terhadap DCT ini akan tetap kami lakukan, jika masih ada yang tidak berkesesuaian tentunya ada saluran-saluran yang akan kita tempuh nanti,” pungkasnya.(*)

Reporter: Riswan

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Masyarakat Mubar Tumpah Ruah Hadiri Halal Bi Halal La Ode Darwin

1 May 2024 - 20:47 WITA

Yudhi Kembalikan Formulir Pendaftaran Balon Wali Kota Kendari di 3 Parpol

24 April 2024 - 22:18 WITA

PDIP Beri Sinyal Dukung La Ode Darwin di Pilkada Muna Barat

17 April 2024 - 21:06 WITA

Masyarakat Gotong Royong Dirikan 70 Posko Pemenangan La Ode Darwin di Mubar

3 April 2024 - 20:01 WITA

Tegaskan Eksistensi, Pengusaha Rental Mobil Sultra Lakukan Konvoi ‘Sahur On The Road’ Sambangi Pesantren dan Kaum Dhuafa

1 April 2024 - 13:59 WITA

La Ode Darwin Sponsori Gebyar Ramadan Dua Kecamatan di Mubar

31 March 2024 - 20:46 WITA

Trending di Berita