Menu

Mode Gelap
 

Berita · 1 Jul 2023 06:20 WITA

Diresnarkoba Polda Sultra Musnahkan 4,1 Kg Sabu di Hari Bhayangkara ke-77


 Diresnarkoba Polda Sultra Musnahkan 4,1 Kg Sabu di Hari Bhayangkara ke-77 Perbesar

DISWAYSULTRA.COM, KENDARI – Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Diresnarkoba Polda Sultra) melakukan pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu tepat di hari Bhayangkara ke-77 pada Sabtu, 1 Juli 2023.

Pemusnahan ini berlangsung di halaman Diresnarkoba Polda Sultra yang dipimpin langsung oleh Wakapolda Sultra, Brigjen Pol Dwi Irianto didampingi bersama PJU, Pihak Kejaksaan, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP), serta instansi terkait lainnya dengan menggunakan mobil insinerator.

Dalam kesempatan ini, barang bukti sabu yang dimusnahkan sebanyak 4.170 gram atau 4,1 kilogram (kg) hasil pengungkapan Diresnarkoba Polda Sultra dari 7 laporan polisi yang diamankannya masih di dalam wilayah Sulawesi Tenggara.

Direktur Reserse Narkoba (Dirnarkoba) Polda Sultra, Kombes Pol Bambang Tjahjo Bawonon mengatakan, pemusnahan ini merupakan hasil pengungkapan periode April-Juni 2023.

“Barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil pengungkapan selama periode empat bulan ini,” ujarnya.

Bila di rupiahkan dari jumlah barang bukti tersebut bisa mencapai diangka Rp. 6 miliar dan menyelamatkan warga sekitar 8.250 orang dari penyalahgunaan narkotika.

Dalam pengungkapan ini juga, polisi berhasil menyita sekitar Rp 70 miliar hasil kejahatan yang saat ini sedang ditangani oleh Bareskrim untuk proses lebih lanjut. Para tersangka yang berhasil diamankan dalam operasi ini merupakan kurir antar provinsi sekaligus bandar.

“Tadi saya juga menginformasikan bahwa kami bekerja sama dengan Polda Jambi, Polda Lampung, dan Polda Kalimantan Selatan, yang dikoordinasikan oleh Bareskrim, khususnya Direktorat Tindak Pidana Narkoba. Kerjasama ini memungkinkan kami untuk menangkap sekitar 9 orang di Kendari, yang berperan sebagai penampung hasil kejahatan,” ucapnya.

Olehnya itu, ia meminta kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama membantu dan membasmi peredaran narkotika dengan cara mengedukasi terkait dampak buruk atau bahaya dari penyalahgunaan narkotika.

Adapun para pelaku yang memiliki barang bukti sabu ini akan mempertanggungjawabkan perbuatannya dengan dijerat Pasal 114 Ayat (2) dan Pasal 113 Ayat (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman mati.

Reporter : La Ode Muhammad Ismail

Artikel ini telah dibaca 44 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Masyarakat Mubar Tumpah Ruah Hadiri Halal Bi Halal La Ode Darwin

1 May 2024 - 20:47 WITA

Yudhi Kembalikan Formulir Pendaftaran Balon Wali Kota Kendari di 3 Parpol

24 April 2024 - 22:18 WITA

PDIP Beri Sinyal Dukung La Ode Darwin di Pilkada Muna Barat

17 April 2024 - 21:06 WITA

Tegaskan Eksistensi, Pengusaha Rental Mobil Sultra Lakukan Konvoi ‘Sahur On The Road’ Sambangi Pesantren dan Kaum Dhuafa

1 April 2024 - 13:59 WITA

La Ode Darwin Sponsori Gebyar Ramadan Dua Kecamatan di Mubar

31 March 2024 - 20:46 WITA

The Park Kendari Ajak 50 Anak Yatim Buka Puasa Bersama

28 March 2024 - 22:30 WITA

The Park Kendari menggelar acara amal "Berbagi Berkah Ramadan", di atrium The Park Kendari, pada Kamis 28 Maret 2024.
Trending di Berita