Menu

Mode Gelap
 

Berita · 11 Oct 2023 13:24 WITA

Besok, Satpol PP Kendari Tertibkan Baliho Bacaleg


 Baliho yang berstatus alat peraga sementara (APS) yang dinilai melanggar oleh KPU dan Bawaslu Kota Kendari masih bertebaran di berbagai sudut jalan. (Foto: Riswan/diswaysultra.com) Perbesar

Baliho yang berstatus alat peraga sementara (APS) yang dinilai melanggar oleh KPU dan Bawaslu Kota Kendari masih bertebaran di berbagai sudut jalan. (Foto: Riswan/diswaysultra.com)

DISWAYSULTRA.COM, KENDARI – Satpol PP Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal menertibkan baliho bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD kabupaten/kota, provinsi hingga DPD RI, pada Kamis (12 Oktober 2023).

Baliho ini berstatus alat peraga sementara (APS) menyerupai alat peraga kampanye (APK). APS ini dinilai melanggar aturan dan melewati batas waktu yang telah disepakati KPU dan Bawaslu.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan KPU Kota Kendari, La Ode Hermanto mengatakan, penertiban ini dilakukan setelah melakukan koordinasi dengan Satpol PP.

“Kesepakatan dikeluarkan hingga tanggal 10 Oktober 2023, selebihnya dilakukan penindakan,” kata Hermanto, Rabu (11 Oktober 2023).

Hermanto mengungkapkan, batas waktu yang diberikan sebelumnya adalah tindakan untuk menegakkan peraturan KPU. Yakni melarang APS di tempat ibadah, sarana pendidikan, dan kantor pemerintahan.

APS saat ini merupakan alat sosialisasi bagi partai politik dan caleg DPR dan sebagai peserta pemilu belum ditetapkan daftar calon tetap (DCT). Sehingga masih berstatus bacaleg.

La Ode Hermanto menekankan pentingnya kepatuhan terhadap peraturan dan regulasi terkait pemasangan alat peraga. Tak hanya itu, saat masa kampanye nanti, hanya alat peraga yang sesuai dengan ketentuan Peraturan KPU (PKPU) yang diperbolehkan.

Bacaleg Diizinkan Buat APK Sendiri

Namun, sesuai kesepakatan, calon anggota legislatif diizinkan untuk membuat APK sendiri. Syaratnya sesuai dengan ketentuan yang ada dan tidak melanggar aturan PKPU.

“Jika caleg dapat membuat APK sendiri, dengan catatan pemasangannya harus mematuhi ketentuan yang berlaku. Maka kota (Kendari) akan tetap bersih dan nyaman terutama bagi warga yang melintas di jalan raya,” Jelasnya.

KPU juga telah menetapkan titik pemasangan baliho kampanye di setiap kecamatan. Di mana telah disepakati oleh pemerintah kelurahan dan kecamatan, melalui koordinasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Setiap kecamatan tiga titik yang telah disepakati oleh pemerintah kelurahan dan kecamatan melalui koordinasi PPK dan PPS'” ungkapnya.

La Ode Hermanto menegaskan, jika masih ada calon anggota legislatif yang memasang baliho di luar titik yang telah ditentukan, maka akan segera ditertibkan.

Reporter: Riswan

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Masyarakat Mubar Tumpah Ruah Hadiri Halal Bi Halal La Ode Darwin

1 May 2024 - 20:47 WITA

Yudhi Kembalikan Formulir Pendaftaran Balon Wali Kota Kendari di 3 Parpol

24 April 2024 - 22:18 WITA

PDIP Beri Sinyal Dukung La Ode Darwin di Pilkada Muna Barat

17 April 2024 - 21:06 WITA

Masyarakat Gotong Royong Dirikan 70 Posko Pemenangan La Ode Darwin di Mubar

3 April 2024 - 20:01 WITA

Tegaskan Eksistensi, Pengusaha Rental Mobil Sultra Lakukan Konvoi ‘Sahur On The Road’ Sambangi Pesantren dan Kaum Dhuafa

1 April 2024 - 13:59 WITA

La Ode Darwin Sponsori Gebyar Ramadan Dua Kecamatan di Mubar

31 March 2024 - 20:46 WITA

Trending di Berita