Menu

Mode Gelap
 

Berita · 4 Nov 2023 04:31 WITA

Anton Timbang Berpeluang Besar Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran di Sultra


 Ketua Kamar Dagang dan Industri Sulawesi Tenggara (Kadin Sultra) Anton Timbang. (Foto: Istimewa) Perbesar

Ketua Kamar Dagang dan Industri Sulawesi Tenggara (Kadin Sultra) Anton Timbang. (Foto: Istimewa)

DISWAYSULTRA.COM, KENDARI – Figur Anton Timbang santer dikaitkan dalam pusaran kandidat Calon Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD), untuk pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres-Cawapres) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Sosok Anton Timbang dinilai layak menjadi Ketua TPD Prabowo-Gibran, lantaran memiliki sejumlah faktor pendukung yang melekat pada dirinya. Salah satunya, Ketua Kadin Sultra ini juga punya pengalaman cukup panjang di kancah perpolitikan di Bumi Anoa.

Pengamat Politik dari Universitas Halu Oleo, Najib Husain, mengatakan bahwa sosok AT—sapaan akrab Anton Timbang, memiliki peluang ditunjuk menjadi Ketua TPD Prabowo-Gibran untuk Sulawesi Tenggara (Sultra).

Berkaca dari penunjukkan Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Prabowo-Gibran, yakni Rosan Roeslani, imbuh Najib, bahwa semakin membuka peluang dipilihnya Anton Timbang. Diketahui, Rosan juga merupakan figur non-partai.

Lantas apa saja aspek yang dinilai layak dimiliki seorang Ketua TPD? Menurut Najib, sosok Ketua TPD hendaknya merupakan seorang tokoh yang memiliki pengaruh besar serta mempunyai finansial.

Sebab, lanjut Najib, indikator tersebut yang nanti dapat menggerakkan massa, baik mesin politik partai maupun relawan. Hal itu terbukti dari figur Ketua TPN yang telah ditunjuk paslon Prabowo-Gibran, maupun kubu Ganjar Pranowo-Mahfud MD, yang berasal dari background pengusaha bersatus non partai.

“Mereka harus memilih yang betul-betul orang yang cukup berpengaruh di Sulawesi Tenggara. Bukan misalnya dia berasal dari partai mana. Tapi walaupun dia bukan orang partai tapi dia cukup punya massa yang besar. Karena dengan cara itulah sehingga dia bisa menggerakkan baik mesin politik partai maupun relawan,” katanya, kemarin.

Tak menutup kemungkinan, kata Najib, Ketua TPD Prabowo-Gibran juga berasal dari Kadin. “Kalau belajar dari Tim Pemenangan Tingkat Nasional di mana mereka lebih banyak mempercayakan orang-orang Kadin, maka di daerah pun besar kemungkinan akan bisa orang kadin yang akan terpilih, misalnya Anton Timbang,” ucapnya.

“Karena dianggap selain punya massa, dia juga punya energi yang cukup besar. Karena jadi tim pemenangan itu bukan hanya persoalan dia punya kekuatan massa tapi juga finansial,” ungkapnya.

Bahkan, menurut Najib penunjukkan Ketua TPD dari luar partai memiliki kelebihan tersendiri. “Kalau saya sih lebih bagus yang ditunjuk sebagai ketua tim pemenangan (TPD) itu dari non partai. Karena dengan non partai itu bisa merangkul semua partai-partai yang ada di koalisi,” ucapnya.

“Karena jangan sampai misalnya kita tunjuk tim pemenangan, dari partai yang jumlah kursinya paling kecil. Dan sudah pasti kalau kita pilih dari partai, akan terjadi ego kepartaian sehingga sulit untuk bersatu,” tukasnya.

Menurut Najib, terlebih untuk Kubu Prabowo-Gibran saat ini telah mendapatkan, dukungan penuh dari pemiih Joko Widodo (Jokowi). Mengingat di pemilihan presiden 2019 lalu, Jokowi menang karena bantuan suara relawan.

“Kalau pengalaman Jokowi itu untuk kemarin kan memakai relawan, sehingga besar kemungkinan Prabowo juga menggunakan relawan. Menggunakan tim dari yang non partai. Karena yang menjadi tolak ukur pergerakan Prabowo itu pasti Pro Jokowi (Projo),” ujarnya saat dihubungi melalui WhatsApp, Kamis 2 Oktober 2023.

Sementara itu, Sekretaris Gerindra Sultra, Safarullah mengatakan, sampai saat ini TPD Prabowo-Gibran belum terbentuk, dan tengah menunggu petunjuk dari pusat.

Namun Safarullah berharap, Andy Adi Aksar yang bakal ditunjuk sebagai Ketua TPD Sultra untuk Kubu Prabowo-Gibran. “Saya berharap Andi Ady Aksar yang menjadi ketua,” harapnya.

Seperti diketahui, Ketua TPN Prabowo-Gibran Rosan Roeslani, juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) periode 2015-2021. Sementara Kubu Ganjar-Mahfud telah menunjuk Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid sebagai Ketua TPN-nya. (*)

Reporter: Ismail

Artikel ini telah dibaca 48 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Masyarakat Mubar Tumpah Ruah Hadiri Halal Bi Halal La Ode Darwin

1 May 2024 - 20:47 WITA

Yudhi Kembalikan Formulir Pendaftaran Balon Wali Kota Kendari di 3 Parpol

24 April 2024 - 22:18 WITA

PDIP Beri Sinyal Dukung La Ode Darwin di Pilkada Muna Barat

17 April 2024 - 21:06 WITA

Masyarakat Gotong Royong Dirikan 70 Posko Pemenangan La Ode Darwin di Mubar

3 April 2024 - 20:01 WITA

Tegaskan Eksistensi, Pengusaha Rental Mobil Sultra Lakukan Konvoi ‘Sahur On The Road’ Sambangi Pesantren dan Kaum Dhuafa

1 April 2024 - 13:59 WITA

La Ode Darwin Sponsori Gebyar Ramadan Dua Kecamatan di Mubar

31 March 2024 - 20:46 WITA

Trending di Berita